Domino Effect

Kawan, pernahkah kalian bermain kartu domino? Di negara kita, orang biasa menyebut kartu ini sebagai kartu gaple. Yap, gaple. Domino adalah jenis kartu yang berbentuk persegi panjang yang memiliki 2 bagian. Tapi disini, bukan itu yang ingin saya bahas🙂

Di televisi, kita sering melihat ada kartu yang disusun sedemikian rupa dengan posisi berdiri. Jarak satu kartu dengan kartu yang lain cukup dekat. Kurang lebih 1-2 cm. jika kartu yang satu jatuh, maka kartu didepannya juga akan jatuh dan seterusnya hingga kartu terakhir. Dalam bahasa Inggris, itu disebut Domino Effect.

20120619-234232.jpg

Di kehidupan berorganisasi, tanpa kita sadari sering menemui hal ini. Contoh, dalam menggarap suatu proyek, sebuah tim yang dikepalai seorang mandor membagi – bagi tugas kepada anak buahnya dengan tujuan pekerjaan itu bisa selesai sesuai target. Ternyata, ada salah satu orang yang tidak mengerjakan tugasnya dengan baik. Padahal, tugas yang diberikan mandor kepada anak buahnya sama bobotnya. Tentu saja kelalaian ini mengakibatkan proyek terhambat dan tidak bisa mencapai target awal.
Nah, dari contoh tadi efek domino cukup jelas tergambarkan. Satu jatuh, jatuh semua. Satu terhambat, tujuan awal tidak tercapai.

Ada dua kemungkinan orang lalai tersebut akan menjadi seperti apa kedepannya. Bila dia menjadikan rasa bersalah itu sebagai motivasi, tentu orang yang lalai tadi pasti orang yang paling beruntung di masa depan. Kenapa? Karena dia pasti akan belajar dari kesalahannya, sehingga dia tidak akan mengulanginya lagi atau bahkan dia akan mengembangkan kemampuannya diatas rata-rata kemampuan orang lain.
Namun, bila dia acuh dengan kesalahan masa lalunya, dia akan selalu menyusahkan orang lain disekitarnya karena akan melakukan kesalahan yang sama dan dia tidak akan berkembang. Bahkan, itu bisa menyebabkan dia akan larut dalam penyesalan yang berujung depresi.

Pilihan ada dua, mau menjadi pesakitan yang berujung pemenang atau pesakitan yang menjadi pecundang? Pilihan di tangan kita sendiri.🙂

“The highest form of success… comes… to the man who does not shrink from danger, from hardship or from bitter toil, and who out of these wins the splendid ultimate triumph.” -Theodore Roosevelt

“Dream is my car to reach the finish line, and it needs gasoline that called determination to run the engine.”- Me

Domino Effect

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s