Konsumen Cerdas? Harus!

Halo halo halo!
Mumpung masih banyak fikiran di kepala, dituangin aja ya sekalian di hari ini. :p

Di tulisan kali ini sih gue cuma mau share tentang pengalaman servis MacBook Pro 13.3″ mid 2009 gue di salah satu Apple Authorised Service Provider di Jakarta. Ga usah sebut nama lah ya. Mungkin semua Apple ASP di Indo kelakuannya emang begini.

Waktu tanggal 30 Juni 2012, gue ke ASP dengan keadaan Mac yang masih bergaransi. Keluhan mac gue adalah batere yang udah harus diganti dan trackpad yang mati. FYI, di Apple ada produk namanya APPLE PROTECTION PLAN, yaitu suatu produk yang bisa memperpanjang garansi mac/ipad/ipod kita menjadi tiga tahun. Ya, dengan berbekal garansi yang masih beberapa hari lagi, gue datang dengan bahagia. Ternyata, batere tidak tercover dalam garansi. Yang tercover hanya trackpad senilai US$110. Sedangkan batere yang seharga US$180 tidak tercover. Ya, alasan sih bisa diterima. Kalo batere kan emang barang consumeable. Jadi ya, karena belum punya uang, batere ga gue ganti. Hanya trackpad. Mas-mas nya nanya lagi kalo data dihapus, apakah tidak masalah untuk gue. Gue bilang gapapa, karena udah dibackup dengan Time Machine ( aplikasi backup di MAC OS X). Setelah cetak work order, gue pun pulang dan mac bisa diambil 7 hari kemudian.

Setelah tujuh hari tanpa mac, akhirnya gue balik lagi kesana dengan perasaan gembira🙂 walaupun batere belum diganti sih hehe. Setelah mengantri, giliran gue dipanggil. Mac di test dan lain – lainnya pun dilakukan. Pengecekan selesai dan…..JENG JENG!! Hal yang mengherankan pun terjadi. Tiba-tiba gue disuruh ke kasir buat bayar BIAYA FORMAT HDD DAN INSTALL ULANG MAC OS X LION. Ga murah loh, 250rb! Gokil kan? Dengan agak emosi, gue tolak bayar dengan alasan sebelumnya tidak diterangkan bahwa bakalan ada biaya untuk itu. Mas-masnya ngotot, saya pun tidak kalah ngotot. Akhirnya gue yang menang karena dalam work order tidak ada keterangan untuk membayar hal tersebut.

Apple memang identik dengan user yang kaya. Namun jujur, gue bukan orang kaya yang dengan mudahnya membayar apa saja untuk keperluan mac. Di dunia bisnis jasa servis barang teknologi, memang rawan terjadi hal yang seperti ini. Jadi, hati-hatilah terhadap hal ini.

FYI, Sekarang gue lagi order baterai original mac di tempat non resmi hanya dengan membayar 850rb rupiah saja. Konsekuensinya ya pasang sendiri. Tapi, hal tersebut ga susah kok. Manualnya ada di ifixit.com . Bandingkan dengan harga baterai di ASP yang harganya US$180! Hemat banyak kan?? Semuanya bisa kita temukan di internet ASALKAN KITA MAU BERUSAHA🙂

Sebagai penutup, ini tips dari gue kalo mau belanja sesuatu :
1. Tetapkan barang apa yang kita BUTUHKAN
2. Tentukan budget.
3. Sortir barang-barang yang masuk budget
4. Survey satu per satu barang-barang tersebut. Mulai dari kualitas, jaringan servis, hingga testimonial pemakai. Semua bisa ditemukan dengan mudah di forum-forum internet. Salah satunya, Kaskus
5. Kalo udah nentuin pilihan barang, ayo survey toko! Cari yang paling murah dan pastikan barangnya ORIGINAL.
6. Barang idah ditangan, pake dengan rasa cinta (halah!)
7. Kalo masuk bengkel/tempat servis, kritis ya! Jangan malu untuk bertanya.

Semoga tukisan ini berguna ya buat kalian🙂

Bogor, 10 Juli 2012

nurfikriyadi

Konsumen Cerdas? Harus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s